Tahukah teman-teman arti dari istilah virus, Trojan, maupun dengan Worm? Saya rasa teman-teman sudah sering mendengar istilah tersebut. Akan tetapi masih banyak yang beranggapan kalo computer sering error atau rusak pasti disebabkan oleh Virus. Padahal belum tentu itu Virus, Karena bisa juga disebabkan oleh Trojan maupun Worm yang sedang berjalan di computer kita. Karena  Virus,Trojan maupun Worm sama-sama bisa mengacaukan system computer kita.

Lalu apa perbedaan Virus, Trojan dan Worm? Mari kita bahas satu persatu.

 

Virus

Virus merupakan sebuah kode jahat yang mampu reproduksi dengan cara menginfeksi program lain. biasanya dalam bentuk file executable (.exe), yakni sebuah file aplikasi yang harus dijalankan. Virus biasanya dapat memperlambat performance computer, menyebabkan kerusakan atau menampilkan gambar atau pop-up iklan yang tidak diinginkan.

TROJAN

Trojan merupakan sebuah program yang tidak berbahaya apabila tidak diinstal pada computer kita    hehehe..

Trojan biasanya dikemas atau dibuat dengan bentuk sebuah program yang menarik dan gratis (freeware) jadi hati-hati jika teman-teman suka download program gratisan, pastikan di scan dulu dengan Anti Trojan maupun Anti virus sebelum melakukan instalasi.

Karena dengan malakukan instalasi sama dengan mejalankan program trojan tersebut, dan menjalankan  rutin-rutin perusak yang dapat mendatangkan malapetaka pada komputer. Karena pembuat Trojan bisa mengakses system computer yang terinfeksi dari jarak jauh. Itu sama saja dengan memberikan kunci rumah kita pada orang lain dan itu berarti orang lain bisa berbuat seenaknya pada rumah kita.

WORM

Worm tidak menginfeksi program lain, karena Worm berdiri sendiri dan tidak membutuhkan interaksi terhadap dirinya, seperti di file executable.Umumnya worm tidak merusak, tetapi tetap saja menjengkelkan karena Worm mampu menduplikasi dirinya sendiri di dalam komputer dalam jumlah yang sangat banyak.

Banyak worm yang didesain untuk menyadap alamat email yang tersimpan dan mengirimkannya sendiri ke siapa saja yang tersimpan di daftar contact email.

Bagi teman-teman selalu waspada apabila download maupun ketika akan melakukan instalasi software apapun ke dalam computer karena bisa jadi software atau program tersebut telah terinfeksi Virus, Trojan, maupun worm. Dan  Selalu update antivirus teman-teman yang digunakan dalam computer.

Oiya tidak semua trojan terdeteksi antivirus lho, solusinya instal juga Antitrojan di computer teman-teman untuk melindungi computer dari serangan-serangan program jahat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s