7 Raksasa Teknologi Paling Dikagumi di Dunia

Perusahaan teknologi apa saja yang paling dikagumi di dunia? Majalah bisnis bergengsi Fortune secara rutin menyusun daftar peringkatnya.

Perusahaan yang masuk dalam daftar memang beroperasi di berbagai sektor industri, tidak hanya dari bidang teknologi saja. Namun rupanya, perusahaan yang beroperasi di dunia teknologi mendominasi peringkat atas.

Perusahaan teknologi mana saja yang masuk peringkat tinggi? SImak daftarnya berikut ini.

1. Apple

Untuk keenam kalinya berturut-turut, Apple menempati posisi pertama. Tidak hanya di antara perusahaan teknologi, namun menjadi pemuncak daftar di antara semua perusahaan yang masuk hitungan Fortune.

Fortune menggarisbawahi bahwa Apple memang tengah menghadapi tantangan lumayan besar seiring harga sahamnya yang terus menurun dan kegagalan Apple Maps. Namun pada kuartal lalu, mereka masih perusahaan paling menguntungkan di dunia dengan profit USD 13 miliar.

Mereka masih kukuh bermain di segmen premium. Di mana gadget seperti iPhone atau iPad masih dipandang sebagai prestise tersendiri bagi para penggemarnya.

2. Google

Raksasa mesin cari online ini menempati posisi runner up di keseluruhan daftar. Google memang dikagumi dengan berbagai inovasi yang dihasilkannya.

Produk-produk selain mesin cari dari Google menuai sukses seperti Android yang menjadi sistem operasi smartphone terpopuler di dunia saat ini. Kemudian situs berbagai video YouTube terus meraih trafik tinggi.

Google meraih pendapatan miliaran dolar dari periklanan. Dan mereka secara konsisten masuk daftar teratas perusahaan yang paling diidamkan oleh para pencari kerja.

3. Amazon.com

Amazon kian menggurita sebagai situs e commerce raksasa. Perusahaan yang didirikan pria bernama Jeff Bezos ini menjual hampir segala macam barang.

Dengan harga barang lumayan murah dan layanan yang memuaskan sebagian besar konsumen, Amazon memang sangat sulit ditandingi. Jeff Bezos pun mulai melakukan diversifikasi bisnis.

Mereka merilis tablet PC Android bernama Kindle Fire dengan harga terjangkau dibandigkan kompetitor. Maka tidak heran jika gadget ini laris manis bak kacang goreng di Amerika Serikat.

4. IBM

IBM adalah nama lama di dunia teknologi yang masih tetap disegani. Mereka terus menuai pendapatan yang solid di bisnis enterprise.

Di negara-negara berkembang, produk IBM mulai meraup pangsa pasar besar. Di Brazil, India, China dan Rusia misalnya, mereka tercatat membukukan pertumbuhan pasar 11%.

IBM juga terkenal sebagai pembuat super komputer dengan kemampuan komputasi sangat canggih. Yang berkontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

5. Microsoft

Microsoft memang masih sukar ditandingi di segmen komputer PC. Di mana software Windows besutan mereka masih menjadi favorit bagi mayoritas user, di mana baru-baru ini mereka meluncurkan Windows 8.

Pendapatan vendor yang didirikan Bill Gates ini hampir selalu stabil. Selain Windows, software besutan mereka seperti Office juga masih luas digunakan.

Dan meski masih keteteran di industri smartphone, Microsoft masih memiliki berbagai lini produk sukses. Seperti konsol game Xbox yang akhirnya menjadi produk terlaris saat ini di segmennya.

6. Samsung Electronics

Nama Samsung memang tengah sangat menanjak belakangan ini. Mereka telah berstatus sebagai produsen ponsel dan smartphone terbesar di dunia.

Produk seperti Galaxy S III dan Galaxy Note II mendapat sambutan hangat di pasaran, terjual sampai puluhan juta unit. Samsung juga merupakanprodusen televisi terbesar di dunia.

Dominasi Samsung di industri Samsung diprediksi masih akan berlanjut meski persaingan semakin panas. Dengan kedatangan Galaxy S IV pada pertengahan Maret ini.

7. Intel

http://www.didunia.net/

Intel masih sangat dominan di industri prosesor. Prosesor buatan mereka digunakan di mayoritas PC yang terjual di pasaran.

Memang Intel tengah kelabakan di kala konsumen mulai meminati perangkat mobile. Di mana pada sektor ini, dominasi perusahaan ARM dari Inggris sangat terasa. Arsitektur chip buatan ARM digunakan di mayoritas perangkat mobile.

Namun Intel mulai serius menggoyang dominasi ARM. Di mana mereka sudah merilis beberapa smartphone berbasis Intel Atom bekerja sama dengan para vendor besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s