Interview Synyster Gates With Chris Jericho From Rock In Jericho

Pada tanggal 1 September 2012 lalu, Chris Jericho menyambut dan mewawancarai Synyster Gatesmelalui panggilan telepon didalam Radio Show miliknya “Rock Of Jericho“, mereka membicarakan tentangPengalaman Syn Berselancar, Menikmati waktu liburanKesuksesan album Nightmare dan yang membuat album tersebut berbeda dari album City Of EvilSide Project Band lainnya bersama Jimmy selain Pinkly SmoothMenulis album baru dan tantangan yang mereka terima saat menulisnya, Bertemu idolanya John PetrucciLagu favoritnya yang dia mainkan saat konser,dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah wawancara mereka yang sudah kami alih bahasakan sendiri, enjoy it🙂.

Chris Jericho (Y2J): “Kita berbincang bersama seorang Gitaris yang baik hati dan menyenangkan, dia adalah Synyster Gates dari Band Avenged Sevenfold , lagi ngapain bro?.”

Synyster Gates (Syn): “Lagi nggak ngapa-ngapain nih, yah gue seneng karena bisa ngobrol sama lo.”

Y2J“Ya, seperti biasanya kalian punya banyak waktu yang menyenangkan selama taun ini, keren. Akhirnya lo punya waktu untuk hadir di acara ini.”

Syn“Tentunya.”

Y2J“Dan juga karena sebelumnya tadi pagi, lo bilang ke gue lewat SMS supaya nanti  gue ngingetin lo kalo lo bakalan diwawancarain disini, dan lo SMS gue sekitar jam 6.30 Pagi dan lo bilang kalo lo lagi berselancar pas itu, gimana rasanya?.”

Syn: “Ya, tentunya menyenangkan. Gue dapet papan selancar baru dihari ulang tahun gue,  tapi papan selancarnya agak pendek, gue agak susah berselancar dengan itu,  dan gue juga jarang berselancar, udah sebulan dan itu pertama kalinya gue ngelakuin sesuatu yang keren, ya keren banget, apalagi pas pagi-pagi kaya tadi.”

Y2J: “Ada satu hal yang gue suka dari kalian semuanya, yaitu kalian masih menetap ditempat dimana kalian semua tumbuh besar, di Huntington Beach, di kota yang berpantai yang sama. Kalian beneran udah kaya sekumpulan teman yang akan selalu bersama sepanjang hidup kalian.”

Syn“Ya tentunya itulah yang membuat hal ini bisa diterima, kami juga muncul berdasarkan kekeluargaan, kami besar di wilayah yang sama dan kami juga punya banyak teman baik disana, dan kadang juga kami ajak teman-teman kami pas tur dan bekerja bersama, dan kami butuh banyak teman baik, dan itulah yang bisa membuat kami tetap bersama atau sebaliknya lo bisa aja terjebak didalam sebuah kotak. Dan saat lo keluar dari rumah lo sekitar 90 menit dimalam hari, dan lo balik lagi dengan keadaan terluka ato sekarat, lo bakalan butuh banyak teman dan keluarga.”

Y2J: “Dan kalian udah membuat album Nightmare menjadi Nomor 1 di Billboard Charts dan kalian melakukan tur yang panjang, aneh nggak sih rasanya kalo kalian berlibur untuk pertama kali dalam waktu yang lama?.”

Syn“Ummm… Sekarang sih iya, cukup aneh sih, dan gue pernah nggak bisa menemukan sesuatu yang menyenangkan buat gue kerjain dan seseorang untuk diajak jalan-jalan. Sama seperti Matt, Val, Johnny, Orang tua gue, Sodara gue, gue rasa sih gitu, tapi sekarang gue disini, mereka juga disini, jadi kami bersenang-senang setiap hari sekarang dan melakukan apapun.”

Y2J“[Tertawa], dan saat album Nightmare kalian sukses besar dan juga tur kalian, apakah kalian menyangkanya bakalan sesukses itu, dan kalian menginginkan sesuatu yang lebih dari album sebelumnya?. Dan gimana perasaan kalian sebelumnya dan setelah kalian mengetahui bahwa album kalian itu sukses besar?.”

Syn: “Ya, sebelumnya kami juga nggak pernah menyangka album City Of Evil juga bakalan sukses, selain yang kami lakukan adalah bermusik dengan apa adanya, kami nggak pernah melakukan apapun selain melakukan Tur dan bersenang-senang. Tapi khusus yang ini kami bener-bener menginginkan yang lebih dari sebelumnya, karena ini juga hasil kerja keras dan peninggalan Jimmy juga. Kami ingin semua orang didunia ini mengetahuinya dan mengenal album ini secara keseluruhan, jujur aja. Banyak fans yang ga mau ngedengernya, tapi kami masih pengen menyebarkan warisan yang Jimmy tinggalin ini sedikit lagi, dan juga merupakan sebuah penghormatan saat album tersebut mendapatkan banyak perhatian dan disukai banyak fans. Itu merupakan hal yang sangat menakjubkan, kami bener-bener beruntung.”

Y2J“Gue pikir pasti album ini merupakan sebuah penghormatan buat mendiang Jimmy, karena album ini khusus buat dia & para fans juga berpikir begitu. Para fans ingin kalian beranjak ke level selanjutnya demi kerja keras yang telah Jimmy lakuin. Bahkan dalam pembuatan album itu, karena dia juga ikut mengerjakan dan menulis lagu didalam Demo album sebelumnya, dan albumnya selesai setelah dia meninggal dunia, bener ga?.”

Syn“Yeah, dia bermain drum disemua lagu di Demo albumnya, dan ada beberapa rekaman vokal kasar yang beberapanya kami gunakan, antara lain vokalnya yang sangat indah dilagu Fiction, yang Jimmy tulis untuk mengucapkan salam perpisahan, dan juga semacam ramalan dari akhir hidupnya yang dia tujukan kepada orang-orang yang disayanginya. Ya, sangat indah, kami senang kami bisa menambahkan sedikit keajaiban pada album itu, dan kita beruntung dan secara ajaib bisa mengenalnya.”

Y2J“Ngomong-ngomong soal Jimmy, Gue mau bilang kalo gue itu fans Avenged Sevenfold jauh sebelum gue ketemu lo atau yang lainnya. Gue selalu terkesan  sama suaranya Jimmy, Gue rasa sebagai seorang drummer dia sangat menakjubkan, tapi dia juga bisa bernyanyi dengan kerennya, dia juga punya suara yang khas. Apa kalian masih ngegunain rekaman suaranya pas lagi manggung?.”

Syn: “Yeah, kami masih punya rekaman suaranya di studio yang untungnya masih bisa kami gunain. Kami pernah bikin kesepakatan bahwa kami bakalan ngegunain rekaman suara kami semua pas lagi manggung, menurut gue itu adalah ide yang sangat buruk, dan untungnya nggak jadi, tapi buat gunain rekaman vokal Jimmy, itu sangat menakjubkan. Contohnya seperti chorus dilagu Critical Acclaim dia menyanyikannya dengan baik, ada banyak lagu-lagu kami yang ada suaranya dia, itu keren, dia menyanyi seperti burung, dan dia mempunyai nada suara yang sangat tinggi. Dia bisa menyanyikan lagu Michael Jackson seolah-olah Michael Jackson itu adalah orang gila. Semuanya udah sepaket-lah.”

Y2J“[Tertawa], itu keren…, kalo lo pikir-pikir, lagu apa yang langsung ngingetin lo sama Jimmy pas ngedengernya?.”

Syn: “Oh guys, tentunya A Little Piece Of Heaven.”

Y2J: “Oh man…”

Syn“Itu pertanyaan yang gampang. Selama ini gue selalu ngeidolain dia, gue ngeidolainnya sebagai seorang drummer, gue juga sebelumnya pernah main drum, gue nggak begitu bagus maininnya, tapi gue menghargainya. Suaranya Jimmy, dan sebelumnya gue nggak pernah tau gue bisa jadi seorang musisi yang menginspirasi, kalo gue nggak pernah membuat lagu. Dan pas saat kita udah saling mengenal selama 6 atau 7 tahunan, kita bikin Side Project Band yang namanya Pinkly Smooth, bahkan Side Project Band lainnya yang kebanyakan orang ga tau yaitu Silver, yang jalurnya lebih mainstream, yang merupakan wujud kesenangan kami pada beberapa musik Pop, yang lagu-lagunya ditulis dengan sangat brilliant. Jimmy adalah seorang penulis lagu yang sangat brilliant. Lagu Brompton Cocktail contohnya, bagi gue lagu itu adalah lagu yang sangat meluap-luap, entah gue ga tau gimana bilangnya, tapi lagu itu mempunyai pembendaharaan kata-kata yang meluap-luap…”

Y2J: “Bersifat/Berwawasan luas (Eclectic) ya?”

Syn: “Yeah, Bersifat luas, benar-benar lagu yang seperti itu. Jimmy melakukan penulisan lagu yang bersifat luas, gue selalu bangga terhadapnya dan selalu memberikan inspirasi buat gue.”

Y2JCukup menarik karena lagu A Little Piece Of Heaven bagi orang-orang seperti “Oh yeah, yeah yeah” (Lagu yang banyak dikenal/sering dimainkan), sedangkan Brompton Cocktail sepertinya jarang kalian mainkan dan jarang ada orang yang mengetahuinya. Apa Jimmy yang membuat lagu itu?.”

Syn“Yeah, Jimmy yang membuatnya, Matt yang menulis liriknya yang sangat luar biasa dan seakan-akan menyuruh fans untuk mencari tau lebih jauh apa sih “Brompton Cocktail” itu kalo mereka nggak tau apa artinya. Ya, lagu itu bener-bener mempunyai lirik yang luar biasa dengan nuansa yang khas juga, Lenny Castro yang bermain perkusi, dan lagu itu agak berbeda seperti lagu kami yang lainnya.”

Y2J: “Baiklah kalo begitu kita akan puter lagunya, Brompton Cocktail sekarang, tetaplah bersama kami Gates dan Jericho di Rock Of Jericho.”

~Lagu Brompton Cocktail diputar~

Y2J“Yeah man, itu adalah lagu yang sangat bagus. Ayo kita cari penjelasan apa itu Brompton Cocktail yang gue dapet dari Google, Brompton Cocktail adalah Ramuan ato obat yang digunakan sebagai pereda rasa sakit dan digunakan juga sebagai dosis untuk Profilaksis (Terapi pengobatan untuk mencegah penyakit)?.”

Syn“Yeah, gue nggak tau itu, yang gue tau obat itu digunain pas jaman dulu, gue nggak tau banyak tentang itu, dan itu adalah salah satu metode untuk bunuh diri, atau cara lain untuk membunuh diri lo secara perlahan.”

Y2J“Aaah… gue ngerti, gue ngerti. Apa menurut lo itu lebih baik daripada ngelakuin Auto Erotic Asphyxiation (Masturbasi sambil mencekik diri sendiri)?.”

Syn: “Umm… gue nggak tau juga, I think it’s beaten it since then (Sengaja ga ditranslate)… tapi mungkin lebih baik daripada masturbasi.”

Y2J“I think that’s beating it, no pun intended.” (Ini lawakan orang barat, maksudnya kalo di Indonesia itu semacam kaya “Eh keren ga topi gue? | topi?, topi sih yang buat diminum itu yang rasanya pait | itu kopi!!!”. :v).

Syn“Yeah, no pun intended, benar sekali… tapi nggak tau deh, dua-duanya keren.”

Y2J & Syn: [tertawa bersama]

Y2J: “Jadi, gimana soal album baru kalian?, apakah udah nyampe proses penulisan lagu?, gue rasa sih udah saatnya kalian buat bikin lagu baru. Apakah nanti bakal ada suatu perubahan dari kalian?, trus sulit nggak sih menulis lagu tanpa Jimmy?.”

Syn“Yeah… maksudnya nggak begitu sulit dari yang kami kira. Kami sekarang udah menulis sedikit lagu, sebenernya, itu merupakan tantangan buat kami, tapi kami bakalan menghadapi tantangan itu dengan baik. Shad juga seorang yang mempunyai semangat yang tangguh, bagi orang yang udah ketemu dia pasti berpendapat seperti itu, dan sangat membantu mempunyai orang seperti itu didekatmu yang akan memberimu inspirasi dan memotivasimu. Dia luar biasa, dia akan terus menyemangati kami saat menulis lagu.”

Y2J“Setelah kalian menghabiskan banyak waktu bersama Jimmy, gue yakin pasti ada beberapa gaya dan teknik bermusiknya berpindah ke kalian. Kalian bakalan terus mempunyai nuansa seperti itu setelah menghabiskan banyak waktu bersama Jimmy yang memberikan pengaruh banyak kepada kalian?

Syn“Yeah, kami selalu seperti itu, dan kami selalu inget moment “Apa yang Jimmy lakukan” dipikiran kami. Kami sangat beruntung telah mengenalnya dari kecil, bahkan dengan banyaknya pengalaman hidup bersamanya, yang sangat menginspirasi, dan bisa dimanfaatkan.”

Y2J“Yeah, saat lo ngebayangin Pinkly Smooth, salah satu Side Project Band yang kalian punya, nah, band tersebut sepertinya bernuansa agak sama seperti Mr. Bungle, apakah Mr. Bungle itu adalah salah satu band yang memberi kalian pengaruh  untuk bermusik dulu?.”

Syn“Yeah, pastinya… Maksudnya, dulu Jimmy nawarin gue untuk bikin Side Project Band itu dulu, lagu-lagunya Mr. Bungle adalah salah satu lagu pertama yang Jimmy mainkan dulu, dan lagu-lagunya Dream Theater adalah lagu pertama yang kami berdua bersama mainkan.”

Y2J“Wow…”

Syn“Bikin gue bingung, karena dulu gue ga pernah tau hal seperti itu ada, pas gue masih di kelas dan juga gue sebelumnya mungkin nggak pernah dengerin Mr. Bungle, saat ini mereka masih menjadi salah satu Band favorit gue, sejauh ini…, gue adalah fans beratnya Mike Patton [Vokalis Mr. Bungle], dan Bassist mereka Trevor Dunn, mungkin adalah salah satu penulis lagu terbaik didunia selamanya. Jadi, yeah, Jimmy membuat banyak lagu seperti mereka dan kami mencobanya, meskipun dia menulisnya nggak sekeras seperti di Pinkly Smooth dulu, kami mencoba membuat beberapa lagu, meskipun sedikit nggak jelas, tapi kami terinspirasi dari Danny Elfman atau Mr. Bungle itu.”

Y2J“Well, hal yang membuat gue ngefans sama Avenged Sevenfold adalah pas kalian ngeluarin Album City Of Evil, seperti yang gue bilang sebelumnya. Sekitar taun 2004 atau 2005-an, kelihatannya permainan gitar agak kurang beken atau ditonjolkan (En Vogue), yang mana gue agak terganggu sama hal itu, sebagai fans musik Metal dan Rock, gue suka permainan gitar solo, seperti George Harrison, Jimmy Page, Kirk Hammett, atau siapa aja. Keliatannya ada semacam kelangkaan (Dearth) permainan gitar seperti itu di akhir taun 90an sampai awal 2000an. Gue rasa kerjaan lo dan Zacky udah ngembaliin permainan gitar ke garis depan di musik keras. Apa pas kalian bikin album City Of Evil dan Waking The Fallen kalian ngerasa usaha kalian itu bertujuan untuk ngembaliin permainan gitar ke musik lagi? .”

Syn“Nggak, malahan kami hampir beranjak ke jalan lainnya, gue selalu, semacam sedikit malu-malu akan hasil kerja gue, khususnya pas pertama-tama kali gue bermusik, dan gue pengen ngasih pujian sama Dan [Danny Heifetz, drummernya Mr. Bungle], dimana dia mencoba untuk berusaha menggunakan seluruh tenaga semua orang di Bandnya, dan semua orang bisa aja malu soal itu, nggak ada paksaan untuk memaksa tenaga seseorang kedalam sebuah kertas atau kanvas misalnya, semuanya terjadi secara alami, seperti “Tentunya lo harus main solo gitar, soalnya itu yang lo lakuin”, tapi mereka udah jarang ngelakuinnya, mungkin karena kekurangan waktu. Waktu itu, Gue sama sekali nggak punya petunjuk tentang itu, kami nggak begitu sering dengerin radio, dan kebanyakan lagu yang kami denger di radio adalah lagu-lagu pop, seperti Britney Spears, mereka sering muterin lagu-lagu seperti itu diradio.”

Y2J“Zee… [Kaget ceritanya].”

Syn“Yeah, seperti lagu Oops, I did it again, lagu itu bener-bener ngehit pas waktu itu, dan kami pun jadi terpengaruh [Influenced] sama lagu-lagu seperti itu. Tapi bagi kami, Pantera tetap mencolok dan konsisten, Guns ‘N Roses juga udah memainkan banyak solo gitar, dan kami mempunyai perasaan yang aneh dimana kami serasa tinggal di dunia khayalan, dan itu tetap terjadi sampai sekarang. Jalur Underground masih ada, tapi Jalur Mainstream sebenernya udah nggak ada lagi, karena lagu apapun yang kami denger nggak terlalu penting apakah itu mencolok atau terpaku pada suatu genre tertentu.”

Y2J: “Kayanya yang terjadi sekarang adalah, lo dan Zacky menjadi semacam Guitar Heroes baru untuk generasi yang baru juga, kalian muncul di hampir setiap cover majalah Guitar World, kalian pantes ngedapetin itu, gue selalu bilang ke temen-temen gue “Eh bro, dengerin deh band ini, band ini ngingetin gue sama band kaya The Ramones, GNR, Skid Row, sama Helloween… Permainan gitar mereka juga mirip-mirip sama permainan gitarnya Malmsteen”, siapa sih pengaruh terbesar lo saat pertama kali lo bermusik?.”

Syn:“Oh man…, makasih banyak, pertanyaan yang keren, gue suka The Ramones, gue nggak pernah menyangkanya, tapi yeah…”

Y2J: “Ya ,sikap mereka keren, gue juga suka, seperti lagu You Really Got Me, lagunya seakan meledak-ledak tapi keren, dari situ juga gue mengenal The Ramones.”

Syn“Ya, luar biasa kami semuanya fans berat musik Punk Rock, saat kami melalui 5 taun pertama kami bermusik [Termasuk sebelum mendirikan A7X], kami banyak berantem, menghancurkan barang-barang, minum-minum, dan melakukan hal-hal buruk lainnya. Mungkin bagi para orang tua kami, kami adalah anak yang buruk, kami dulu bermusik seolah kami adalah band Punk Rock, berpakaian seperti anak Punk Rock, dan itu adalah sesuatu yang keren buat kami. Kami serasa mendapatkan tenaga lebih dari itu, kami juga adalah sekelompok sahabat yang akan memberikan jari tengah kepada siapapun, kami serasa mendapatkan tenaga lebih jika bertingkah seperti itu. Ngomongin soal solo gitar, gue selalu menyukai John Petrucci, dia sangat luar biasa.”

Y2J: “Dia menakjubkan.”

Syn: “Yeah, dia itu freak, BTW, lo temenan sama dia kan?.”

Y2J: “Yeah tentunya, dia juga bakalan hadir di acara ini beberapa minggu lagi, ntar gue sampain salam dari lo ke dia deh.”

Syn“Wow, itu luar biasa. Gue pengen cerita lucu dikit nih, gue pernah ngeliat dia di NAMM Show [National Association of Music Merchants, semacam pameran alat musik dsb] beberapa taun yang lalu, kalo nggak salah dia ada di Checker Booth ya?.”

Y2J“Ya…”

Syn“Gue nggak begitu inget sih, karena dulu kami abis pesta gila-gilaan, mabuk-mabukan minum Jägermeister, jadi pas gue lagi sesi penandatanganan, gue pun bener-bener mabuk. lalu gue berjalan agak sempoyongan ke tempat dimana John Petrucci sama Steve Lukather lagi ngelakuin semacam Guitar Clinic di Ernie Ball Booth, lalu gue memperkenalkan diri, dan mereka pasang tampang nggak senang gitu, yah mungkin karena gara-gara gue juga, gue agak agresif waktu itu, dan gue mengutip setiap perkataan mereka, gue bener-bener udah gila waktu itu. Lalu pas mereka mau mulai manggung disana, Steve pengen main gitar, lalu bilang bahwa mereka butuh seorang drummer disitu, tapi dia bilang Steveyang jadi Drummer dan John yang main gitar. Gue ngusulin ke mereka supaya Jimmy ikutan manggung disana, lalu gue nyari Jimmy, setelah ketemu, taunya mereka udah manggung, lalu gue teriak ke mereka “Mereka ngeremehin gue!, gue punya drummer terbaik disini sama gue, dan lo itu gitaris, jadi mainin gitar lo!!! [bilang ke Steve Lukather yang saat itu lagi ngedrum]”, gue teriak bener-bener kenceng, lalu setelah itu kami berdua dikeluarin dari Ernie Ball Booth. Itu terakhir kalinya gue ketemu idola gue, John Petrucci, jadi… Halo John, dan gue minta maaf soal itu.”

Y2JDia mungkin inget, “Oh, jadi anak itu?, bagus…”.”

Syn“Ya anak itu…, anak yang memakai Sarung tangan dan topi itu, mungkin dia masih inget itu.”

Y2J“[Tertawa], luar biasa sekali bisa dikeluarin dari suatu tempat didepan hadapan John dan Steve.”

Syn: “Ya, itu brutal sekali…”

Steve Morse, Steve Lukather, John Petrucci, dan Sterling Ball (Anak dari Ernie Ball)- NAMM 2009

Y2J“Ngomongin soal solo gitar nih, kan lo udah banyak ngeluangin banyak waktu buat menulis solo tersebut, nah gue pengen nanya nih, solo gitar dilagu apa yang jadi favorit lo?, yang mungkin lo berpikir “Oh, yang ini keren”.”

Syn: “Oh man… Umm”

Y2J“Kami menanyakan pertanyaan yang sulit disini, nggak seperti wawancara lainnya.”

Syn“Itu keren, dan gue menyukainya… Gue nggak… [Hening] Istri gue lagi telanjang sekarang, sambil ngeliatin bokongnya ke gue.”

Y2J: “Woo~. Itu bagian X-Rated-nya acara ini”

Syn“Tenang aja semua orang, kecuali lo, dapet hak untuk denger hal itu.”

Y2J: “Gue nggak bakal bilang siapa-siapa, gue janji [tertawa].”

Syn: “Makasih buat itu, umm… Entahlah, gue nggak tau, mungkin beberapa solo gitar yang aneh dibeberapa lagu, contohnya di lagu Brompton Cocktail, sedikit aneh pas mainin lagu itu, dan mungkin solo gitar di lagu itu jadi solo gitar yang terakhir orang suka, dan pas pertama kali mengenalkan gue untuk bermain gitar dengan sustainiac.”

Y2J“Oh… gitaris pasti tau hal itu.”

Syn: “Ya, gitaris pasti tau… Entahlah, gue nggak tau, gue udah nggak begitu peduli sama permainan solo gitar gue.”

Y2J“Oke, lo seorang profesional, bilang aja contohnya di lagu Welcome To The Family, disitu ada permainan gitar yang keren dari kalian berdua, lo dan Zacky dengan solo gitar yang keren juga. Dan gue suka itu dan gue minta puterin lagu itu dong.”

Syn“Baiklah ini dia, eh ini kan acara lo man…”

Y2J: “Oh iya, baiklah ini dia Welcome To The Family.”

~Lagu Welcome To The Family Diputar~

Y2J: “Dan cukup menarik karena gue sungguh memikirkan bahwa lo udah mendapatkan banyak cakupan karena menjadi seorang Guitar Hero baru, dan Zacky bermain bersama lo dan gue tau kalo Zacky main Rhythm, dan lo memainkan Harmony solo-nya, itu bener- bener hal yang gila.”

Syn“Ya, dia anak yang liar yang nggak mau mengakui hal ini, dia keren, dia juga gitaris yang sangat bertalenta, dia mempelajari berbagai macam hal, termasuk hal-hal yang aneh, kadang dia mempraktekan dan mencoba apapun yang sedang dia pikirkan. Dia butuh ketenangan, dia adalah gitaris yang luar biasa dan itulah ikatan yang kami miliki. Kami dulu adalah gitaris sangat bernafsu tentang segala macam hal yang berhubungan dengan Punk Rock, itu yang membuat kami bisa bersama, dan kami seakan mendapatkan tenaga dari sana yang kami dapatkan bersama, itu keren, dan Zacky udah tergila-gila dengan hal itu, dia bener-bener gitaris yang luar biasa.”

Y2J: “Hal yang menarik saat lo bicarain tentang ikatan Punk kalian dan Zacky juga keliatannya lebih memiliki attitude seperti anak Punk, dia juga bisa jadi anak Metal yang keren. Tapi bagaimana bisa kalian berdua bisa main musik Punk seperti Sublime atau Dead Kennedys, lalu setelah itu kalian mainin solo gitar yang keren seperti Malmsteen, gimana hal itu bisa masuk ke daftar kalian?.”

Syn“Gue nggak begitu yakin, tapi pas lagi nulis album Waking The Fallen, semua solo atau permainan gitar yang kami mainkan disana, kami lebih mainin permainan gitar yang lebih selaras atau terharmonisasi, dan kami melakukan itu secara alami. Pas taun 2002, kami mulai menulis seperti itu kami lebih memasukan harmoni didalam solonya dan kami pernah nggak mau ngelakuin itu lagi, tapi akhirnya kami tetap ingin melakukannya terus. Zacky melakukannya dengan sangat baik, tangan kanannya sangat baik. Saat gue baru gabung ke band ini, Zacky mainin Rhythm jauh lebih baik daripada gue, seperti “tudum du dum du dum” di lagu Burn It Down dan semacamnya. Zacky udah terbiasa dengan itu, dan gue harus belajar sama dia. Tangan kirinya juga gila, karena dia adalah orang yang kidal, tapi juga sering memakai tangan kanannya. Zacky melakukan banyak hal dengan tangan kanannya untuk mengulik chord gitar dan sebagainya, dan gue juga punya cara sendiri untuk melakukannya. Dan itulah kami.”

Y2J“Dan karena semua hal yang keren dari kalian lakuin dengan keoriginalan kalian, kalian sukses menggelar tur besar dan tur bersama beberapa band terbaik yang ada.”

Y2J: “Band apa aja yang kalian suka saat tur bareng kalian?. Baik yang bikin bikin heboh kalian, atau mengajarkan banyak hal kepada kalian atau yang keren selama tur bareng kalian?.”

Syn: “Oh man… Mereka semua hebat, Buckcherry adalah temen kami, um, gue nggak mau ngelupain semuanya, Atreyu, Burn Halo, um…”

Y2J: “Sebutin semua band yang pernah tur bareng kalian, sekarang!.”

Syn“Tentu, mereka semuanya hebat, Bullet For My Valentine luar biasa, Papa Roach sangat Jenius, semuanya deh…”

Y2J“Kalian pernah tur bareng Iron Maiden kan?, oh ya, apakah kalian pernah tur bareng Metallica?.”

Syn“Yeah… um, kami pernah tur bareng mereka, terakhir kali di Orion Festival, bukannya lo juga ada disana ya waktu itu?.”

Y2J“Ya, gue juga ada disana.”

Syn“Kami juga pernah tur bareng mereka di Eropa taun 2006, itu bener-bener luar biasa buat kami. Udah lumayan banyak kami tur bareng dan ketemu mereka, itu luar biasa dan sangat hebat. Itu juga pas pertama kali kami bermain sangat dekat dengan Metallica.”

Y2J“Pas kalian liat mereka manggung apa kalian belajar sesuatu dari mereka sebelum kalian jadi Headliner  suatu acara?.”

Syn: “Benar sekali, dan mereka juga memperlakukan para kru kami seperti kerabat dekat mereka. Pas mereka ada di pembukaan acaranya [Orion Festival], Lars [Ulrich] yang memakai pakaian santainya memperkenalkan kami ke penonton untuk memainkan lagu. Dia hebat mau melakukan hal seperti itu. Kami pernah makan malam bareng mereka, minum-minum Tequilla, mereka mengagumkan, dan juga rendah hati, gue harus belajar supaya lebih rendah hati lagi jadi gue bisa berteman dengan banyak orang.”

Y2J“Gue mau bilang sesuatu yang gue nggak tau apakah kalian tau apa nggak, gue juga ada disebelah panggung pas Orion Festival itu sambil nonton kalian dan gue liat Lars berdiri disana sambil nonton kalian untuk waktu yang lama. Dia mungkin nonton sekitar 6 sampai 7 lagi, sedangkan anak-anaknya nonton kalian sampai selesai. Ya, dia bener-bener ngelakuin hal itu.”

Syn“Nggak, gue nggak tau itu, tapi itu bener-bener mengagumkan.”

Y2J“Gue waktu itu ketawa pas Pyro [Api yang biasanya ada dikonser-konser gitu] tiba-tiba mengarah kearah kami, dan gue dan Lars pun loncat bareng buat ngehindarinnya, dan kami saling berpandangan [:v] dan dia bilang ke gue “Harusnya lo bilang ke gue dong!.”, mereka udah siap buat manggung dihadapan 25.000 orang fans, tapi mereka masih nonton kalian sebentar.”

Lars Ulrich saat memperkenalkan Avenged Sevenfold kepada penonton di Orion Festival 2012

Y2J“Seperti yang gue bilang pas diawal wawancara ini, bahwa kalian tumbuh bersama di band ini, dan juga kru kalian, seperti The Berry [Matt Berry & Jason Berry], lighting guy, merch guy, dan sebagainya. Apa kalian bakalan tetep sama mereka?.”

Syn: “Ya, The Berry, ada juga Security Assistant [Bodyguard :v] kami, Dan The Body, tau kan?, banyak orang-orang yang sinting disini, dan itulah yang membuat kami seperti sebuah keluarga yang berbeda. Kalau nggak ada mereka kami nggak tau harus gimana.”

Y2J: “Pastinya keren banget kalo tur keliling dunia dengan mereka, bagaikan mimpi yang jadi kenyataan.”

Syn: “Ya mereka luar biasa, nggak ada yang sedekat itu sama kami selain mereka.”

Para kru/roadies-nya A7X pas dibandara Soekarno Hatta, bulan Juni lalu.

Y2J“Apa lagu favorit yang lo mainin pas lagi manggung?.”

Syn: “Lagu favorit yang gue mainin pas lagi manggung…”

Y2J“Dan lo harus jawab itu.”

Syn: “Oke, lagu ini menurut gue sangat keren, dan lagu ini durasinya juga panjang, dan kalo gue mau mainin lagu ini, gue harus berpikir 2 kali. Ya, Save Me, karena gue suka permainan gitar dan solo yang edan dilagu itu, dan gue juga bangga sama lagu itu.”

Y2J: “Apa kalian pernah bawain lagu itu?.”

Syn“Ya, kami udah lumayan sering bawain lagu itu, biasanya sesudah lagu Fiction…, ya Fiction dan Save Me itu bagaikan akhir dari album Nightmare, tapi lagu itu nggak menyingkirkan lagu-lagu terbaik kami yang kami bawain live, dan lagu itu adalah 1 dari 2 lagu yang berbahaya, karena waktunya cukup lama. Masuk akal buat kami adalah musisi yang belum begitu jago, yang membuat para orang yang nggak bersalah terkesan dengan hasrat kami. Lagu itu sangat memuaskan bagi banyak orang, jadi, kami berhenti memainkannya setelah itu, untuk membuat banyak orang kesal [tertawa].”

Syn“Baiklah kalo gitu kami bakalan muterin lagu itu sekarang.”

~Lagu Save Me Diputar~

Y2J: “Salah satu hal yang gue suka sama band kalian adalah kalian nggak begitu masalah memainkan lagu-lagu yang berdurasi panjang, itu keren, seperti A Little Piece Of Heaven atau Save Me, dan gue juga menyukai lagu Strength Of The World, dan itu jadi favorit gue.”

Syn“Yeah, makasih.”

Y2J“Jadi apa yang bakalan kalian lakuin kedepannya?, apakah mulai menulis lagu sesegera mungkin atau mungkin kalian bakal tur ulang gitu?.”

Syn: Nggak ada lagi tur ulang buat album ini. Kami akan mulai menulis sesudah menikmati liburan musim panas kami, kami menulis sendiri-sendiri dulu, karena waktu musim panas kami menghabiskan waktu bersama untuk berlibur dan minum-minum, itu akan terjadi suatu hari nanti. Kami bisa bekerja bersama, dan kami akan berkerja dengan keras, serius dan tekun [Put our noses to the grindstone] pas nanti kami kembali ke studio dan mengerjakan beberapa hal.”

Y2J: “Apa kalian punya perkiraan kapan album baru kalian rilis?.”

Syn“Yang jelas bukan sekarang, lebih cepat lebih baik, kami nggak tau kapannya. Hanya itulah yang kami tau, yang pasti kami nggak pernah dan nggak akan merilis album terus menerus dalam waktu yang singkat dan kalau kami nggak mau, dan sayangnya kalo gitu kami cuma punya lagu yang sedikit. Terserah apakah orang-orang mau suka ato nggak, tapi kami punya sesuatu yang bisa dibanggakan.”

Y2JKalo waktunya tepat, kalian bisa mulai merilisnya. Kalian punya sesuatu yang harus diisi berhubungan album Nightmare kalian sukses besar. Dan gue yakin kalian bakal punya lagu-lagu yang hebat lagi. Kalian tumbuh lebih dewasa dalam beberapa taun terakhir, dan gue sendiri, udah nggak sabar menunggu hasil kerja keras kalian.”

Syn: “Makasih buat dukungannya bro, gue sendiri juga nggak sabar, dan mungkin akan sangat menyenangkan, dan kami akan melakukan sedikit liburan lagi.”

Y2J“Tentu saja.”

Syn“Ngobrol bareng lo pasti selalu seru, mungkin nanti kita bisa turing bareng. Oh iya, taun ini kalian manggung di Uproar kan?.”

Y2J: “Ya kami manggung di Uproar. Tapi gue nggak tau apa lo tau soal ini, Shad featuring sama gue di lagu terbaru Band gue Sandpaper?.”

 Syn: “Tentunya gue tau, lagunya sangat menakjubkan.”

Y2J: “Makasih banyak man…”

Syn: “Ya lagu itu udah didenger banyak orang, itu keren, selamat buat lo.”

Y2J: “Makasih lagi bro, bener-bener obrolan yang keren dengan lo, dan gue juga sangat senang pernah ketemu kalian, kalian punya hubungan yang erat baik pas lagi manggung ataupun diluar, gue juga nggak sabar pengen ketemu kalian lagi.”

Y2J: “Makasih banyak karena udah mau hadir di acara gue kali ini, dan nyudahin acara berselancar lo, gue bakalan kasih tepuk tangan sama lo atas itu [tepuk tangan].”

Syn“Makasih juga, gue lebih baik berkendara diterik matahari daripada berselancar.”

Y2J: “[tertawa], silahkan kembali ke istrimu yang sedang telanjang itu, dan mungkin gue bakalan ketemu lo secepatnya.”

SynYa gue juga. Makasih banyak”

Y2J“Baiklah, Gue akan kembali setelah iklan berikut ini.”

Translated And Transcribed By: © Derry Septianda ( TheDerryS )

Translated ForAvenged Sevenfold (Indonesia)™

Copyright Laws with regards to Plagiarism (copying material) Will Be Inforced on This Note.

Please, DO NOT cite, circulate, or copy without permission of the author. But you can share it

 

Hak cipta yang berkenaan dengan tindakan Plagiat (Pengkopian Materi) Akan diberlakukan didalam Catatan Ini.

Dimohon untuk TIDAK mengutip, menyalin, mencetak, dan memperbanyak catatan ini dengan cara apapun tanpa seizin penulis.

Regards

Admin.

INGAT!!!, SHARE BOLEH, TAPI JANGAN DI COPAS!!!!!

Leave a Reply

