Ini Dia! Sejarah Fenomena Internet Harlem Shake

Dok:Timlo.net/Youtube

 Baru-baru ini, dunia Internet di Indonesia dihebohkan dengan fenomena tarian Harlem Shake. Beberapa situs dan majalah populer di Indonesia seperti Kaskus, Detik dan Rolling Stonesmenciptakan dan mengupload video tariHarlem Shake versi mereka sendiri.

Di situs Youtube sendiri, selain situs dan majalah tersebut, beberapa orang Indonesia juga menguploadvideo Harlem Shakemereka dengan latar belakang di kelas atau kantor. Pertanyaannya, apa itu Harlem Shake dan bagaimana awal mula gerak tari ini?

Menurut ABC NewsHarlem Shake adalah sebuah gerakan tari yang diciptakan di tahun 1980-an. Gerakan tari ini berasal dari wilayah Harlem, di kota New York, Amerika Serikat (AS) dan sempat populer karena digunakan dalam beberapa video musik. Lalu, pada 2011, Harlem Shake dijadikan sebuah judul dari lagu elektronik yang diproduseri oleh Baauer.

Tarian Harlem Shake dalam video yang marak beredar di Internet saat ini berlangsung antara 30 hingga 32 detik dan menampilkan lagu “Harlem Shake” yang dibawakan oleh musisi elektronik Baauer. Biasanya, video ini dimulai dengan satu orang (biasanya memakai helm atau topeng) menari mengikuti irama lagu ini selama 15 detik. Dia berada di sekitar orang-orang yang tidak sadar atau tidak peduli akan gerakan tarinya. Saat lagu berhenti, adegan video berganti dengan semua orang di video tersebut melakukan gerakan tari seperti orang kejang selama 15 detik berikutnya dengan memakai pakaian minim atau kostum aneh.

Awal terjadinya fenomena gerakan tari Harlem Shake ini dimulai pada 2013. Menurut situs berita tersebut, video pertama di Youtube yang mengawali fenomena ini adalah video di mana orang-orang memakai topeng dan pakaian lateks. Salah satunya menggunakan kostum Power Ranger. Video ini diupload di Youtube pada 30 Januari 2013.

Namun, gerakan tari ini baru menjadi booming setelah seorang pengguna Youtube, TheSunnyCoastSkate mengupload sebuah video di mana semua orang di sekitarnya terlihat sibuk dengan urusannya sendiri. Sementara dia menari mengikuti irama musik Harlem Shake dengan memakai sebuah helm. Lalu, saat lirik lagu dimulai, semua orang dalam video itu mulai menari.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s