Kopi Cacing Dipercaya Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

Cacing bagi sebagian orang hewan menjijikkan. Namun tidak demikian bagi pemilik warung kopi di Lamongan. Cacing justru dijadikan sebagai campuran kopi buatannya. Kopi cacing dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.


Kamari atau biasa dipanggil Pak Brewok, merupakan penjual kopi sejak belasan tahun lalu. Namun sejak tiga tahun terakhir, dia membuat kopinya menjadi semakin istimewa. Rahasianya, kopi yang biasa dicampur susu dan jahe kini ditambah dengan campuran cacing.

Untuk mencari warung Pak Brewok tidaklah susah. Di Jalan Pahlawan Kelurahan Tumenggung Baru Kecamatan Kota, Pak Brewok sehari-hari berjualan. Dia mulai membuka warung sejak pagi hingga sore hari.

Untuk membuat kopi cacing, Pak Brewok mencari cacing tanah yang banyak dijumpai di pekarangan rumah. Cacing tersebut kemudian dicuci bersih sebelum dipanggang di atas kompor hingga gosong.

Setelah gosong, cacing kemudian digerus atau dihaluskan sehingga menjadi bentuk serbuk. Cacing yang sudah menjadi serbuk ini kemudian dicampur dengan kopi. Setelah diaduk, kopi cacing pun siap dihidangkan.

Anam, seorang pelanggan mengaku merasakan khasiat kopi cacing ini saat dia mengalami sakit thypus. Setelah rutin meminum kopi cacing, thypus yang dideritanya berangsur hilang dan kini tak pernah kambuh lagi.

Ide membuat kopi cacing ini muncul dari pengamatan Pak Brewok terhadap itik dan ayam yang ada di sekitarnya. “Itik relatif lebih tahan penyakit dari pada ayam. Setelah diamati, ternyata itik lebih sering memakan cacing dari pada ayam,” kata Pak Brewok

Hasil pengamatannya pun kemudian dia coba. Sejak itu dia sering mencari cacing dan menelannya tanpa dimasak. Makan cacing mentah tidak menyebabkan dia sakit, sebaliknya dia merasa daya tahan tubuhnya kian bertambah meski sudah mendekati lanjut usia.

Meski belum ada penjelasan medis mengenai khasiat cacing ini, namun Pak Brewok optimis, kopi cacingnya mampu menjadi alternatif bagi para penderita penyakit liver, thypus dan penyakit lainnya. Terbukti, pelanggan semakin banyak dan belum ada yang komplain dengan resep kopi cacingnya, anda mau mencoba?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s