sejarah lahirnya mbah GOOGLE !

Google lahir dari sebuah pertemuan anak muda yang terjadi secara tidak sengaja pada tahun 1995 lalu. Larry Page dan Sergey Brin, mereka berdua merupakan pendiri Google dan mereka berdua juga merupakan salah satu mahasiswa dari Universitas Stanford.

Kedua pendiri Google tersebut dalam sejarah Google sering ditunjukkan melakukan diskusi, meski kadang muncul perbedaan pendapat maupun pandangan tapi hal itulah yang menjadikan keduanya memiliki pendekatan yang unik.
Pada tahun 1996, mereka mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan tekhnik tekhnik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.
Google didirikan pada tanggal 7 September 1998 dan Google menjadi perusahaan public Amerika Serikat. Larry dan Sergey terus menyempurnakan tekhnologi Google sepanjang awal 1998, keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan tekhnologi Google.
Google menjadi popular diantara pengguna internet karena design nya yang sederhana dan ‘bersih’ serta hasil pencarian nya yang relevan. Iklan dijual berdasarkan kata kunci (keyword) sehingga mereka lebih relevan lagi bagi para pengguna. Adanya konsep penjualan iklan sesuia keyword dimulai oleh Overture (dahulu bernama GoTo.com)
Google mendapatkan keuntungan lebih banyak ketika perusahaan dotcom lain nya mengalami kemerosotan hingga bangkrut karena Google memperkuat pengaruhnya. Tepatnya pada bulan September 2001 Google menunjukkan mengenai perkembangan google yang meningkat dari segi mekanisme (PageRank).
Mekanisme tersebut diberikan hak paten Amerika Serikat. Leland Stanford University secara resmi mendapatkan hak paten tersebut. Selain itu juga dicantumkan nama penemunya Lawrence Page. Dan pada tahun 2003, Google membeli seorang pemilik blogger sebuah situs web pionir serta pemimpin hosting weblog yaitu Pyra Labs.
Pada masa puncak kejayaan nya tahun 2004, Google mengurus hamper 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di internet melalui situs webnya dan klien-klien Yahoo!, AOL, dan CNN. Hasil inti yang dimaksud yaitu perusahaan ini pada awalnya berdiri sebagai sebuah perusahaan kecil, langkahnya hierarki serta memiliki sebuha lingkungan yang kolaboratif. (Clara Celia Agnes).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s