Kapsul penyelamat bencana tsunami

Di Jepang telah diciptakan kapsul penyelamat bencana tsunami. Kapsul dengan diameter 1.2 meter ini dirancang oleh Cosmo Power dari Jepang sebagai tempat penampungan darurat terapung yang mampu menampung hingga empat orang dewasa.

Co-presiden Cosmo Power, Shoji Tanaka, (lelaki dalam gambar di atas) terinspirasi untuk membuat kapsul yang dinamakan Noah ini oleh kekacauan yang disebabkan oleh bencana gempa dan tsunami Great East Japan Earthquake pada 11 Maret 2011. Hampir 20.000 orang didaftar sebagai tewas atau hilang akibat bencana tersebut. Tentunya beberapa diantara mereka yang hilang bisa bertahan hidup dengan bantuan sebuah kapsul kecil terapung seperti Noah. Dan jika tsunami berikutnya mungkin terjadi, banyak nyawa yang akan mampu diselamatkan.
Kapsul ini terbuat dari fiberglass yang disempurnakan dan dicat kuning cerah untuk kemudahan mengidentifikasi oleh tim penolong. Cosmo Power, produsen generator Jepang, telah menjuluki kapsul ini sebagai “Noah” karena dianggap menjadi miniatur bahtera yang dapat digunakan dalam kasus banjir parah.
Begitu masuk ke dalamnya, mereka yang tidak memiliki claustrophobia akan menemukan sedikit kenyamanan dari kapsul ini, yang hanya ada gagang untuk berpegangan yang terbuat dari logam saja.

Menurut Shoji Tanaka, kapsul ini telah melewati tes uji coba kecelakaan dan sekarang tersedia untuk dijual.
Dengan hanya 10 karyawan yang terlibat dalam produksi kapsul Noah di pabrik Hiratsuka milik Cosmo Power di barat Tokyo, perakitan kapsul berbentuk bola ini berjalan agak lambat. Namun, meskipun harganya masing-masing 300.000 Yen (sekitar 3.900 $), perusahaan ini memiliki 600 pesanan dengan 2 kapsul yang telah dikirimkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s