Alat – alat Doraemon yang sudah tercipta saat ini

Siapa sih yang tidak kenal Doraemon? Robot masa depan yang ditugasi buyut dari Nobi Nobita, Sewashi, untuk membantu kakek buyutnya. Doraemon mempunyai banyak alat masa depan yang kerap digunakan untuk membantu nobita.


Dan, tahukah anda? Kini, sudah ada 10 alat milik doraemon yang nyata alias sudah dapat kita gunakan. Walaupun dalam bentuk lebih sederhana, kemajuan teknologi saat ini pun telah menciptakan robot-robot yang mampu melakukan hal hal tertentu. Bahkan meniru kemampuan manusia dalam hal-hal yang khusus.

Tidak heran jika dalam kurun waktu 30 tahun kedepan, kemungkinan kita sudah melihat robot seperti Doraemon berkeliaran untuk membantu tugas manusia, tanpa menggunakan kantong ajaib tentunya.

Berikut ini adalah beberapa alat Doraemon yang sudah tercipta saat ini.

1. Baling-baling bambu
Baling-baling bambu merupakan gadget transportasi dalam dunia Doraemon yang berbentuk baling-baling. Alat ini bisa dipasangkan pada bagian tubuh manapun, secara hati-hati tentunya. Dan, saat ini sudah ada mesin yg mampu meniru fungsi dari baling baling bambu dalam bentuk lain, yakni Jetpack.
Sayang keterbatasan dari jetpack adalah bentuknya yang tidak praktis serta maksimal hanya bisa beroperasi sampai beberapa menit saja. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, siapa tahu 10-20 tahun lagi bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

2. Konyaku penerjemah
Bila Nobita atau Doraemon bertemu suku bangsa lain atau bahkan orang luar angkasa tentunya tidak bisa mengerti bahasanya bukan. Sebagai robot ajaib, Doraemon mempunyai gadget bernama konyaku penerjemah yang mampu menerjemahkan semua bahasa dalam sekejab.
Saat ini beberapa raksasa IT seperti google atau yahoo telah menciptakan layanan seperti google translator atau yahoo babelfish untuk melakukan hal yang sama dengan cara yang sedikit berbeda. Sekarang baru bahasa manusia yang bisa diterjemahkan, dan belum terlalu sempurna. Selain itu, perusahaan di jepang dan amerika pun membuat beberapa gadget yang bernama bow-lingual untuk program bahasa anjing.

3. Pembaca Mimpi
Nobita yang pemalas tentu punya banyak kesempatan untuk bermimpi. Suatu saat Doraemon yang kesal tentu memanfaatkan gadgetnya untuk mengerjai Nobita yang sedang tidur.
Dan kini, Ilmuwan amerika Dr Jack Gallant dari University of California at Berkeley berhasil menciptakan alat pembaca mimpi. Ia mengatakan, “dari hasil percobaan kami memperkirakan bahwa dalam waktu dekat akan dimungkinkan untuk merekonstruksi pengalaman visual dari seseorang dari aktvitas otaknya saja.”
Tapi sayang, gadget ini belum ada di pasaran, tentu menyenangkan jika suatu saat kita bisa melihat mimpi orang lain

4. Satelit pribadi
Jika Nobita Ingin memata matai seseorang tentu Doraemon sudah punya gadget untuk itu. Tinggal tandai targetnya. Sekarang kita bisa melakukan hal yang hampir sama dengan dengan bantuan perkembangan teknologi, coba simak google latitude, google map, google earth atau facebook. Ketiganya mampu melacak orang bahkan bukan hanya posisi tapi juga kesukaan, hobi, status hubungan dan informasi pribadi lainnya.
Salah satu perbedaan utama adalah untuk memata matai harus seijin target, seperti halnya dalam facebook atau latitude, orang yang kita “mata-matai” harus menyetujui kita sebagai teman terlebih dahulu.

5. Sarung tangan super
Diganggu Giant ? Oh tidak masalah, sarung tangan super punya Doraemon bisa membuat Nobita menjadi berkekuatan super. Saat ini umat manusia mempunyai exoskeleton suit yang ditujukan untuk membantu tugas manusia sebagai mesin perang. Dengan alat ini, tubuh kita bisa kuat saat menghadapi musuh.
Saat ini eksoskeleton belum diproduksi secara massal dan masih dalam tahap riset serta pengembangan. Tapi banyak ahli merasa bahwa masa depan dari alat ini sangat cerah serta mempunyai banyak pilihan penggunaan.

6. Printer 3 Dimensi
Suneo sering sekali memamerkan gadget mahalnya, tentu saja Nobita tidak akan kalah dengan bantuan Doraemon. Tinggal gambar modelnya, masukkan ke mesin dan jadilah. Sekarang banyak pabrik yang menggunakan acuan dari model komputer untuk memproduksi komponen dalam bentuk presisi dan massal.
Tentu saja komponen yang diproduksi tidak langsung bisa dipakai, tapi masih dirakit dengan komponen lain. Di masa mendatang tentunya proses akan semakin canggih dan semakin memudahkan untuk membuat alat baru.

7. Kartu kemana saja
Saat ini banyak sekali alat yang mempunyai prinsip bekerja sama seperti kartu tersebut (khususnya di luar negeri /di lingkungan kampus).

Pass Kemana Saja

Lebih menyenangkan jika kartu yang kita miliki lebih sedikit bukan?

8. Saringan air laut
Berada di laut dan kehabisan bekal air tawar tentu tidak menyenangkan. Santai saja, Doraemon punya sedotan air laut yang bisa dipakai dimana saja. Saat ini peneliti dari MIT telah menemukan alat portabel yang mampu menyaring garam dari air laut dengan proses reverse osmosis sehingga by product dalam bentuk air tawarnya bisa diminum.

9. Roti pengingat
Seperti biasanya Nobita selalu pelupa, Doraemon mempunyai alat berupa roti khusus yang membantu Nobita unggul dari Dekisugi sekalipun. Saat ini sedang dikembangkan chip yang ditanam dalam bagian tubuh dan mampu membantu manusia dalam mengingat sesuatu atau menggantikan tugas saraf (pada saat kecelakaan).Chip Pengingat

10. Ensiklopedia yang tahu segala nya
Jika ingin tahu tentang segala sesuatu, Doraemon punya alat yang mewujudkannya. Ensiklopedia masa depan adalah mesin yang dijalankan dengan menggunakan perintah suara yang mampu menjawab segala pertanyaan. Untuk yang satu ini, search engine seperti : Google, Bing, Wikipedia dan Yahoo sudah mempunyai fungsi sebagai alat ensiklopedia yang serba tahu tentang segala hal.

 Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s