Noc, Si Paus Putih Yang Mampu Bicara Bahasa Manusia

Untuk menjaga keamanan negara, entah itu dari serangan musuh atau menjaga batas wilayah, memang memerlukan sebuah ide cemerlang dan dirahasiakan. Dan sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu, sebuah cara yang ditempuh pasukan angkatan laut Amerika Serikat untuk mematai-matai kapal-kapal dari negara lain yang melewati batas negara tanpa izin masuk adalah dengan menempatkan mikrofon di bawah lautan Atlantik dan Pasifik. Cara kerja dari mikrofon tersebut adalah mengambil suara ketika berada di dalam air lalu gelombang radio akan membawanya ke darat. Dan setelah sampai kedarat,

barulah para ahli mendengarkan suara. Mereka mencoba untuk mencari tahu apa jenis kapal yang tengah berada di dalam air. Memang cara ini bukan termasuk cara yang terbaik. Pasalnya, tak hanya suara kapal yang di dapat para ahli melainkan juga suara-suara benda ataupun makhluk hidup air seperti ikan paus. Suara dari ikan paus memang seringkali tertangkap mikrofon. Dan saat suara didengar, yang keluar adalah suara paus yang tengah berbicara satu sama lain. Berangkat dari ide para angkatan laut tersebut, sekarang para peneliti yang tengah meneliti suara ikan paus juga menggunakan mikrofon air sebagai media informasinya. Mereka mendengarkan suara-suara paus untuk mencoba menghitung berapa banyak paus yang berada di lautan.
Dan cara itu akan bisa memberi tahu para peneliti keadaan paus apakah baik atau malah buruk. Seperti dikutip dari abcnews, elama bertahun-tahun, para peneliti di Yayasan National Marine Mammal di San Diego, California telah mendengar suara-suara paus dalam air. Namun ada saja perbedaan suara dari ikan paus setiap rekaman mikrofon diperdengarkan. Untuk itu, para peneliti akhirnya memasang platform di dalam air agar suara-suara paus terdengar lebih jelas. Dan setelah rekaman yang dibantu platform dibuka, terdengar suara yang menunjukkan irama yang mirip dengan suara manusia dan frekuensi oktaf yang lebih rendah dari suara paus lain, yang lebih mendekati pada frekuensi oktaf suara manusia. Noc, Si Paus Putih yang Mampu Berbicara Bahasa Manusia Dan setelah di teliti, suara yang pertama kali ditemukan oleh seorang penyelam di kandang paus saat ia berada didekatnya adalah milik Noc, seekor paus unik bewarna putih. Noc di ketahui menghasilkan suara dari saluran hidungnya, tidak seperti yang dilakukan pada manusia pada laringnya. http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=HtIv8RIbDbk Dan untuk dapat mengeluarkan suara layaknya manusia, Nah Sahabat gw, Noc melakukan variasi tekanan dalam saluran hidungnya dengan membuat penyesuaian otot lain dengan mengembungkan kantung vestibularnya saat ia bernafas. Namun sayangnya Noc telah meninggal pada 5 tahun lalu. Dan hanya tinggal suara hasil rekamannya saja yang bisa didengarkan warga manusia. Hasil pengamatan ini juga menyimpulkan bahwa ikan paus putih adalah hewan yang konsisten belajar berbicara. Hasil penelitian dimuat dalam jurnal Current Biology.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s